Mahasiswa Prodi Hubungan Internasional FISIPOL UIR ikuti Jave Overland Varsity English Debate (JOVED) di Surabaya

Seni berdiplomasi memiliki kriteria yang sama dengan berdebat, matter, method dan manner menjadi penentu utama. Oleh karena, itu dapat berpartisipasi dalam kompetisi debat bahasa Inggris seperti JOVED (Java Overland Varsity English Debate), yang diadakan pada tanggal 14-18 Juni 2019 di Universitas Ciputra Surabaya, merupakan pengalaman yang sangat berharga untuk mahasiswa Hubungan Internasional FISIPOL UIR (Ruatianur Zaky Zahran, Rahayu Kurnia Lestari Bediona, dan Dian Venita Sary) bersama dengan dosen HI FISIPOL UIR, Artha Yudilla, SI.P, M.A selaku observer dalam kompetisi. Hal ini juga merupakan pengalaman pertama bagi UIR untuk ikut serta, kesempatan yang sangat baik untuk memperkenalkan UIR di ajang debat bahasa Inggris tingkat nasional.

Sekilas mengenai JOVED, Java Overland Varsity English Debate (JOVED) ini adalah kompetisi debat bahasa Inggris dengan pola Australiasian parlementer tingkat Universitas yang pertama di Indonesia dan telah mencetak debaters dan adjudicators handal Indonesia yang membanggakan hingga level dunia. Kompetisi ini diselenggarakan setahun sekali dari tahun 1997 hingga sekarang 2019. Bahkan kompetisi bergengsi debat bahasa Inggris tingkat Nasional seperti IVED (Indonesia Varsity English Debate) “lahir” setelah JOVED.

Pada awalnya JOVED khusus diikuti oleh unversitas-universitas di pulau Jawa saja, namun seiring semakin besarnya pengaruh kompetisi ini dalam meningkatkan kemampuan debat berbahasa Inggris Universitas-Universitas bergengsi di pulau Jawa, maka Universitas-Universitas di luar pulau Jawa pun akhirnya berkeinginan untuk ikut serta. Dan seiring dengan besarnya minat dari Universitas-Universitas di Luar pulau Jawa, maka saat ini JOVED terbuka untuk semua universitas seluruh Indonesia yang berkeinginan untuk meningkatkan kemampuan debat berbahasa Inggris.

JOVED 2019 di Universitas Ciputra Surabaya ini diikuti oleh 23 Universitas terkemuka dengan pengalaman debat tingkat interrnasional seperti Universiats Indonesia, Universiats Gadjah Mada, Univesitas Bina Nusantara, Universitas Padjajaran, Institut Teknologi Bandung, Universiatas Airlangga, Universitas Surabaya, Universiatas Negri Semarang dll. Peserta yang berasal dari luar pulau Jawa hanya Universitas Islam Riau dan Universiatas Sumatera Utara. UIR juga masuk menjadi anggota IDC (Indonesia Debating Council) yang memiliki pengaruh untuk merumuskan sistem debat bahasa Inggris di Indonesia.

Ilmu dan pengalaman yang didapat dari kompetisi ini diharapkan dapat menigkatkan kemampuan debat bahasa Inggris mahasiswa HI FISIPOL UIR, sekaligus juga meningkatkan Critical Thinking , Public Speaking dan English Fluency, yang tidak hanya akan dibutuhkan dalam kompetisi debat bahasa Inggris saja tapi juga Konfererensi Internasional.