Fisipol 11 Jun 2016

Satu Lagi, Program Studi di UIR Raih Akreditasi A Dari BAN-PT

Satu lagi Program Studi (Prodi) di Universitas Islam Riau (UIR), yakni Prodi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) mendapat peringkat akreditasi A dari Bandan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Ini merupakan prodi ke empat di UIR yang mendapat akreditasi dengan peringkat A dari BAN PT.

Rektor UIR Prof. Dr. Detri Karya, SE., MA, Sabtu (11/6) berkata diraihnya akreditasi A oleh Prodi Ilmu Pemerintahan Fisipol UIR berdasarkan pemberitahuan dari BAN PT dan sudah di rilis di situs resmi BAN PT tanggal, Jumat (10/6) kemarin. Ada SK peringkat akreditasi A Prodi Ilmu Pemerintahan Fisipol tersebut dengan nomor 0522/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2016. SK akreditasi BAN PT ini berlaku hingga tanggal 20 Mei 2021 mendatang.

“Alhamdulillah, di bulan Ramadhan ini, kita UIR mendapat berkah tambahan dengan diperolehnya akreditasi A dari BAN PT untuk Prodi Ilmu Pemerintahan,”ungkap Rektor Detri Karya.

Rektor UIR menambahkan, peringkat akreditasi A yang di raih Prodi Ilmu Pemerintahan sebuah kebanggaan besar bagi UIR. Karena UIR telah menjadi universitas terbanyak di wilayah kopertis X yang prodinya mendapat nilai A. Sebelumnya menurut Detri Karya, sudah ada Prodi S1 Hukum Fakultas Hukum, S1 Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian dan Prodi S2 Hukum yang mendapat nilai A.

“Di wilayah Kopertis X UIR telah mampu membuktikan sebagai universitas yang memiliki komitmen kuat untuk memperbaiki kualitas pendidikan hal ini di tandai dari 37 Prodi di lingkungan UIR baik jenjang pendidikan D3, S1 dan S2 yang mendapat peringkat terakreditasi A dan B sudah 90 persen. Kita menjadi universitas terbanyak yang peringkat akreditasi A dan B diwilayah kopertis X. Begitu juga dengan akreditasi institusi dan perpustakaan kita sudah mendapat nilai B” paparnya.

Saat ini hanya tersisa 4 prodi lagi di UIR yang nilai akreditasinya masih C, itu pun kata Detri Karya prodi-prodi tersebut saat penilaian akreditasi masih merupakan prodi baru, jadi tidak mungkin prodi baru mendapat nilai akreditasi A atau B.

Meskipun begitu katanya, Prodi-prodi yang masih C tersebut telah dilakukan reakreditasi, seperti prodi ilmu komunikasi sudah terdaftar untuk reakreditasi di BAN PT tanggal 26 Mei 2016 lalu dan Prodi Teknik Informatika juga sudah terdaftar untuk reakreditasi tanggal 11 Mei 2016 lalu.

“Dua prodi ini kita sedang menunggu tim asesor datang untuk visitasi. Inya Allah tahun ini tahun ini bertambah lagi prodi yang mendapat akreditasi A atau B,”katanya.

Detri Karya menambahkan, sebagai komitmen UIR untuk meningkatkan mutu pendidikan, UIR senantiasa terus mendorong dosen-dosen yang masih S2 untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S3. Saat ini baru 86 Dosen UIR dengan kualifikasi S3. Dia menargetkan di tahun 2017 terdapat 130 dosen UIR berkualifikasi S3.

[ Humas-UIR ]