Fisipol 24 Okt 2017

Mapala Fisipol UIR Nonton Bareng “Sepenggal Kisah Kerajaan Gunung Sahilan”

Dalam rangka mengangkat sejarah kerajaan-kerajaan di Riau, khususnya di Desa Gunung Sahilan Kampar kiri Riau Indonesia, Mapala Fasipik Fisipol – UIR mengadakan nonton bareng bersama masyarakat Kenegerian Gunung Sahilan di sekitar lokasi Istana Kerajaan, Sabtu (21/10),
Sebelumnya anggota dari Mapala Fasipik Fisipol-UIR melakukan pembuatan film, serta mencari informasi-informasi terkait sejarah Kerajaan Gunung Sahilan Darussalam. Dalam hal ini anggota dari Mapala Fasipik Fisipol-UIR melakukan wawancara kepada masyarakat setempat yakni : Kepala Desa, Tokoh Adat atau Ninik Mamak serta Raja Gunung Sahilan Darussalam guna untuk memperkuat informasi yang didapat dan dijadikan bahan dalam pembuatan film dokumenter.
Pemutaran film documenter ini bertema" Sepenggal Kisah Kerajaan Gunung Sahilan" Riyan selaku ketua umum Mapala Fasipik Fisipol-Uir mengatakan "Tujuan dari kegiatan pembuatan sekaligus pemutaran film documenter ini dilaksanakan agar masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Riau lebih mengetahui sejarah-sejarah serta menjaga kebudayaan yang masih terjaga sampai saat ini. Riyan juga mengatakan peran Mahasiswa juga harus dijalankan dalam hal melestarikan ataupun mengangkat potensi-potensi di daerah masing-masing demi memperkenalkan kepada dunia keberagaman yang ada di Indonesia khususnya di Riau.
Sore hari sebelum pemutaran film dokumenter, anggota Mapala Pasifik Fisipol-UIR mengadakan perlombaan bola kaki dan bola volley kepada masyarakat sekitar Kenegerian Gunung Sahilan, lomba tersebut disambut meriah oleh masyarakat sekitar dan hasil perlombaan di umumkan pada malam hari sebelum pemutaran film documenter dimulai.
Pemutaran film documenter ini juga dihadiri Kepala Desa Gunung Sahilan, Kepala Desa Sahilan Darussalam, Pemangku Adat atau Ninik Mamak, dan masyarakat Kenegerian Gunung Sahilan. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari segenap masyarakat Kenegerian Gunung Sahilan, serta Tengku Muhammad Nizar Raja Gunung Sahilan. Terkait kegiatan ini, Wakil Dekan 3 Fisipol UIR, Kasmanto Rinaldi, SH, M. Si sangat memberikan apresiasi terkait dengan hal ini, sehingga kedepannya kegiatan-kegiatan kemahasiswaan bias semakin bermanfaat.

[ Adm-UIR ]