Fisipol 03 Feb 2018

Fisipol UIR Berbagi Dijum'at Berkah

Pekanbaru: Dalam tiga bulan terakhir, setiap hari Jum'at puluhan mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Riau membagi  makanan ringan kepada jemaah Masjid Al Munawwaroh yang usai melaksanakan fardhu Jum'at di Kampus Perhentian Marpoyan Pekanbaru.

Kegiatan 'Jum'at Berbagi' itu, mengambil thema, 'Gelorakan Semangat dan Ikhlas dalam Betbuat' seperti disabdakan Rasulullah SAW dalam sebuah hadits, 'Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya'. Menurut Yola Afiyati, mahasiswa Fisipol yang ikut dalam Jum'at Berbagi, setiap usai Jum'at dirinya bersama kawan-kawan membagikan minuman dan makanan ringan kepada jemaah masjid Al Munawwarah.

Yola dan kawan-kawan membagi makanan dan minuman itu tak jauh dari pintu masuk dan keluar masjid. Saat khatib berkhutbah para mahasiswa yang ikut dalam Jum'at Berbagi telah mempersiapkan makanan yang akan dibagi di sejumlah. Lalu rekan-rekan mahasiswa menyerahkan makanan tersebut kepada jemaah yang meninggalkan masjid. ''Alhamdulillah kami sudah melaksanakan kegiatan ini selama tiga bulan,'' ujar Yola.

Yola menyebut, makanan tersebut ada kalanya dibeli,  pada waktu tertentu dibuat teman-temannya. ''Dibuat iti kalau kami punya waktu Pak tapi lebih banyak kami beli. Satu minggu kami keluarkan uang Rp 300ribu,'' tambah Yola.

Mereka dapatkan uang itu dari donator fakultas. ''Pak Dekan Fisipol dan para dosen di falultas secara sukarela membantu dana yang kami perlukan setiap minggu Pak. Mahasiswa juga ikut urung-urungan,'' ucap mahasiswa semester enam ini.*

[ Adm-UIR ]