Fisipol 27 Jul 2020

WEBINAR NASIONAL MEMBANGUN INDONESIA DARI PINGGIRAN DESA

      Desa sebagai isu besar pembangunan dari pinggiran tentu saja membuat banyak para pihak berharap besar. Terutama masyarakat desa yang jauh dari pusat kota. Desa adalah sebuah Kawasan yang sering dipersepsikan orang kota sebagai tempat yang nyaman dan indah, meski kadang menyimpan sebuah potret kemiskinan. Pembangunan desa harus menjadi prioritas dalam pembangunan nasional, karena sangat terkait dengan upaya membangun Indonesia dari pinggiran. PROGRAM STUDI ILMU PEMERINTAHAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS ISLAM RIAU berhasil menghadirkan Program Webinar Nasional untuk membahas hal tersebut tepat pada haru Sabtu, 25 Juli 2020 pukul 13.00 WIB-14.30 WIB yang diikuti oleh 245 peserta melalui aplikasi LIVE ZOOM dan Youtube Live.

     Peserta berasal dari kalangan mahasiswa, dosen, Kesatuan Program Studi Ilmu Pemerintahan (KAPSIPI), Kepala Desa se Provinsi Riau, Camat, pendamping desa, pemerhati desa dan masyarakat. Di buka langsung oleh Rektor Universitas Islam Riau Prof. Dr. H. Syafrinaldi, MCL, yang mengapresiasi kegiatan WEBINAR Nasional ditengah pandemi covid 19 Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIPOL UIR masih menghadirkan kegiaran WEBINAR yang sangat bermanfaat. Keynote Speaker langsung menghadirkan Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Bapak Dr. (HC) Drs. H. Abdul Halim Iskandar. M.Pd yang diwakilkan oleh Fadillah Putra Ph.D Dirjen Kelembagaan Kemendes PDT. Membahas dari perspektif toeri, konsep, dan aplikasinya WEBINAR Nasional PSIP FISIP UIR menghadirkan Guru Besar Institute Dalam Negeri Prof. Dr. Sadu Wasistiono, Ahli Pemerintahan FISIPOL UIR Dr. H. Rahyunir Rauf., M.Si, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kampar Bapak Ferbrinaldi Tridamarwan, S.STP., M.Si.

     Hasil WEBINAR ini menawarkan solusi konstruktif dalam membangun Indonesia dari pinggiran desa dengan melakukan kolaborasi untuk meningkatkan daya saing desa, melibatkan peran lembaga kemasyarakatan RT/RW untuk membantu Pemerintahan Desa yang tugasnya sudah overload, membentuk akademi komunitas untuk perangakt desa yang melibatkan perguruan tinggi, dan mengembangkan inovasi desa seperti yang dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakt Desa Kabupaten Kampar melalui Pogram SIDAMRI. Kedepan Program Studi Ilmu Pemerintahan yang saat ini terakreditasi A oleh BAN PT untuk berkomitmen dan konsisten mengadakan dan mengembangkan kegiatan-kegiatan akademik lainnya yang bermanfaat untuk pengembangan keilmuan dan sumbangsih kemanfaatannya untuk masyarakat dan pemerintah.

[ OP FISIPOL ]