Sejarah Adm Perkantoran

Data Belum Ada

Visi Program Studi Adm Perkantoran

"Menjadikan Program Studi diploma tiga (D3) Administrasi Perkantoran sebagai pusat pengembangan ilmu yang unggul dalam menghasilkan lulusan sekertaris eksekutif yang religious, responsive, kritis, serta dapat memenuhi kebutuhan dunia usaha, pemerintahan dan masyarakat pada tahun 2020."

Misi Program Studi Adm Perkantoran

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu dan professional sesuai dengan tuntutan lingkungan masyarakat.
  2. Melakukan penelitian dalam bidang kesekertariatan sesuai dengan visi dan misi fakultas dan Universitas Islam Riau
  3. Melakukan kegiatan aplikasi ilmu Pengetahuan bidang kesekertariatan kepada dunia usaha, Pemerintahan dan masyarakat.

Tujuan Program Studi Adm Perkantoran

  1. Menghasilkan lulusan diploma setingkat ahli madya bidang kesekertariatan yang religious, professional, dan berkualitas dengan dibekali pemahaman dalam bidang sekertaris eksekutif.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan pengetahuan bidang kesekertariatan kepada dunia usaha, pemerintahan dan masyarakat
  3. Menghasilkan tenaga ahli madya yang unggul dan professional.

Sasaran Program Studi Adm Perkantoran

Sasaran program studi kesekertariatan merupakan tujuan yang akan dicapai dalam mewujudkan sumber daya secara optimal. Rumusan sasaran program studi kesekertariatan yang hendak dicapai adalah :

  1. Mampu mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu administrasi khususnya dibidang kesekertariatan
  2. Mampu menganalisa dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan bidang ilmu kesekertariatan
  3. Mampu menghasilkan lulusan kesekertariaan yang professional dan siap bersaing di pasar kerja
  4. Mampu melakukan kerjasama dan bersosialasi secara efektif dengan berbagai pihak dengan menjunjung tinggi etika dan akhlak islami

Untuk mencapai sasaran tersebut, program studi kesekertariatan menetepkan sejumlah strategi yang di bagi dalam 3 rentang waktu (jangka),sebagai berikut :

  1. Jangka pendek (<5 tahun)
  2. a. Menyesuaikan kurikulum program studi kesekertariatan dengan kebutuhan masyarakat dan lingkungan professional

    b. Menjembatani konsep kesekertariatan dengan prakteknya melalui pengayaan system pengerjaan melalui metoe pembelajaran melalui diskusi bersama pkratisi kesekertariatan

    c. Memberikan materi softskill terkait dengan setiap atakuliah yang diperoleh mahasiswa

    Menyediakan tuang konsultasi persoalan ilmu dan praktek kesekertariatan bagi alumni, masyarakat dan profesinal yang,memungkinkan keberlanjutan keilmuan hingga ke praktek kesekertariatan

    e. Menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang mendukung terciptanya peningkatan pemahaan dan kemampuan mahasiswa

    f. Mengikutsertakan mahasiswa dalam kegiatan penelitian da pengabdan kepada masyarakat sehingga diharapkan mampu mengimplemetasikan bidang kesekertariatan

    g. Mengundang guru besar bidang ilmu administrasi dari berbagai perguruan tinggi ternama baik dalam maupunluar negeri untuk memberikan kuliah umum tentang isu-isu terkini secara berkesinambungan

    h. Melaukan perencanaan pemenuhan kebutuhan dan pengembangan sumberdaya manusia melalui usulan dan reomendasi rekruitmen sesuai kebutuhan, mendukung dan mendorong dosen untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi,melakukan pelatihan dan pengembangan baik bagi unsur dosen dan staf operasional

    i. Melasanakan evaluasi proses pembelajaran unuk setiap mata kuliah program studi

    j. Melakukan dan membimbing mahasiswa untuk pkl ke organisasi baik bisnis maupun public

    k. Perkembangan dan peningkatan kuantitas dan kualitas sarana laboratorium computer

    l. Mengaplikasikan siste informasi akademis secara online

    m. Memberikan reward kepada dosen untuk membuat buku ajar dan sarana pendukung proses pembelajaran

    n. Memfalitisasikan dan memberikan dukungan maeril dosen ilmu kesekertariatan untuk melakukan penelitian

    o. Mengirim staff pengajar mengikuti kegiatan seminar di tingkat local maupun tingkat nasional

    p. Melaksanakan kegiatan seminar baik di tingkat lkal maupun tingkat nasional

    q. Menambah koleksi buku-buku perpustakaan seara berkala sesuai kebutuhan dan perkembangan ilmu kesekertariatan

    r. Memfalisitasi danmembimbing mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat

    s. Penyebar dan peningkatan kualitas publikasi hasil-hasil kaian di binga keskertariatan

  3. Jangka menengah (5-10 tahun )
  4. a. Meningkatkan dan mengembangkan kerjasama bidang pendidikan, pengajaran dan penelitian dengan universitas di dalam dan luarnegri

    b. Meningkatkan dan mengembangkan kerjasama dengan organisasi bisnis dan public baik di tingkat local, nasional dan regional

    c. Embuat agendarutin berupa kegiatan yang dapat mempererat silaturahmi antada dosen, mahasiswa dan alumni program studi kesekertariatan

    d. Merealisasikan system informasikan akademis online dan pembuatan wbsite program studi kesekertariatan

    e. Merencanakan dan merealisasikan dosen tetap untuk melanjutkan jenjang studi S2 dan S3

    f. Mengembangkan publikasi hasil- hasil kajian di bidang kesekertariatan

  5. Jangka panjang ( 10 tahun )
  6. a. Peninngkatan manajemen system informasi akademik online untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran dan system pelayanan akademis

    b. Mengembangkan kerjasama bidang pendidikan, pengajaran dan penelitian dengan universitas dalam dan luar negri

    c. Memelihara dan peningkatan kerjasama dengan organisasi bisnis dan public serta berbagai stakeholders yang berkaitan dengan bidang kesekertariatan baik local,nasional maupun dengan tuntutan kebutuhan

Kurikulum Program Studi Adm Perkantoran

Kurikulum Prodi Administrasi Perkantoran :

  1. Kurikulum 2009 Lihat Disini
  2. Kurikulum 2015 Lihat Disini