Prodi Hubungan Internasional Fisipol Uir Studi Banding Ke Jurusan Hubungan Internasional FISIP UNAND

Pada tanggal 7 – 8 November 2018, Program Studi Hubungan Internasional melaksanakan kegiatan Kegiatan Kunjungan Kelembagaan ke Prodi Hubungan Internasional FISIP Universitas Andalas Padang Provinsi Sumatera Barat. Sebagai sebuah Prodi yang baru maka Program Studi Hubungan Internasional FISIPOL UIR merasa diperlukannya kegiatan studi banding (comparison study) untuk maksud peningkatan mutu, perluasan usaha, perbaikan sistem, penentuan kebijakan baru, perbaikan peraturan perundangan, dan lain-lain.

Kegiatan Kunjungan Kelembagaan Prodi HI FISIPOL UIR ke Prodi HI FISIP UNAND dihadiri oleh Perwakilan Dosen Prodi HI FISIPOL UIR yaitu Rendi Prayuda, S.IP M.Si dan Rio Sundari, S.IP MA serta Mahasiswa Prodi Hubungan Internasional FISIPOL UIR bersama sivitas akademika FISIP Universitas Andalas yang dalam hal ini disambut oleh Dekan FISIP UNAND bersama Sekretaris Jurusan Hubungan Internasional FISIP UNAND bertempat di Gedung Aula FISIP Universitas Andalas. Adapun beberapa bentuk kegiatan yang dilaksanakan selama kegiatan studi banding ini adalah:

  1. Penandatanganan MoA FISIPOL Universitas Islam Riau dan FISIP Universitas Andalas.
  2. Join Class Mahasiswa Hubungan Internasional FISIPOL UIR dan FISIP UNAND.
  3. Seminar Bersama Program Studi HI FISIPOL UIR dan HI FISIP UNAND.
  4. Studi Banding pengelolaan Program Studi dan Kelembagaan Mahasiswa (HMJ)

Menurut salah satu Dosen Pendamping kegiatan Rendi Prayuda, S.IP M.Si bahwa dalam study banding mahasiswa hendaknya melihat semua aspek positif yang ada pada tempat tujuan studi banding, mulai dari kegiatan PBM, akademik, dan kemahasiswaan. Pengetahuan – pengetahuan yang di peroleh di lokasi studi banding tentunya di harapkan akan mampu menjadi informasi dan cerminan dalam rangka mewujudkan program-program prioritas yang sudah di canangkan oleh Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Riau. Kegiatan studi banding ini dinilai amat penting mengingat konsep dan pelaksanaan kebijakan dan akreditasi yang diadakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengakibatkan setiap Program Studi harus mampu memiliki mutu pendidikan yang baik. Selain itu, dikarenakan Program Studi Hubungan Internasional FISIPOL Universitas Islam Riau masih relatif baru, dan oleh karena itu maka masih diperlukan penilaian secara dini terhadap praktik-praktik terbaik yang mungkin terjadi penyimpangan atau kekeliruan dalam pelaksanaan roda organisasi dalam pendidikan dilapangan. Hasil kegiatan studi banding ini di harapkan akan dapat menjadi bahan pemikiran dan sekaligus masukan untuk perbaikan mutu pendidikan khususnya mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional FISIPOL Universitas Islam Riau.

Selain melaksanakan kegiatan studi banding, Program Studi Hubungan Internasional juga melaksanakan kegiatan kemah bersama sivitas akademika Program Studi Hubungan Internasional FISIPOL UIR di Bumi Perkemahan Anailand Padang Panjang dimana kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan kekompakan seluruh sivitas akademika. Dalam kegiatan perkemahan ini juga dilaksanakan kegiatan games, peningkatan softskill mahasiswa serta kegiatan penunjang akademis lainnya. (prodi-hi)