Program studi Ilmu Hubungan Internasional merupakan salah satu program studi di bawah Jurusan Ilmu Hubungan Internasional. Program Studi Hubungan Internasional sebagai salah satu program di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Riau saat ini terus membenahi diri. Hal ini dilakukan untuk merespon terjadinya perubahan dalam berbagai aspek politik internasional terutama terhadap penyelenggaraan hubungan antar negara yang semakin kompleks. Program studi Hubungan Internasional mendapat izin dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi pada tanggal 19 September 2017 dengan Surat Izin Operasional Nomor : 526/KPT/I/2017.

Dinamika hubungan antar negara yang semakin maju dan kritis menimbulkan perubahan yang signifikan diberbagai bidang termasuk dalam bidang politik dan pemerintahan. Akibat perkembangan ini Program Studi Hubungan Internasional mendapat tantangan yang besar, sehingga tidak ada pilihan lain kecuali berbenah diri terutama dalam hal yang berkaitan dengan perbaikan kurikulum, peningkatan kualitas staf pengajar maupun mahasiswa. Berdasar pada kenyataan seperti ini, tentu saja lembaga pendidikan, khususnya Program Studi Hubungan Internasional yang diharapkan menghasilkan sarjana-sarjana handal harus segera merespons tuntutan perubahan tersebut. Jika tuntutan tersebut tidak segera disikapi maka dapat dipastikan luaran yang akan dihasilkan sulit bersaing di tingkat pasar kerja baik yang bersifat lokal, nasional, regional maupun internasional.

Guna memenuhi tuntutan tersebut, Program Studi Hubungan Internasional berupaya membangun satu arah pengembangan program studi yang berorientasi pada upaya menghasilkan luaran yang memiliki kompetensi kemampuan pengetahuan dan keterampilan di bidangnya, baik dalam bidang penelitian maupun pengabdian pada masyarakat khususnya yang berkaitan dengan aplikasi Hubungan Internasional sebagai ilmu terapan. Selain itu untuk mencapai arah pengembangan program studi Hubungan Internasional, maka perlu peningkatan mutu manajemen internal dan organisasi program studi dengan membangun sistem kurikulum berbasis kompetensi, sistem prosedur operasi akademik yang baku serta sistem manajemen administrasi yang handal dalam menunjang terciptanya proses belajar mengajar yang kondusif. Hal itu hanya akan terwujud apabila didukung oleh staf pengajar, staf administrasi dan mahasiswa yang berpikiran maju dan memiliki tingkat kemandirian yang tinggi.

“Menjadi Program Studi Hubungan Internasional yang unggul dan terkemuka dalam kajian Keamanan Internasional dan Ekonomi Politik Internasional yang berlandaskan nilai – nilai keislaman pada tahun 2035”.

Adapun misi dari Prodi HI FISIPOL UIR adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkompeten dan berstandar global dalam bidang Hubungan Internasional yang dilandasi nilai-nilai keislaman.
  2. Melaksanakan penelitian-penelitian dalam bidang Hubungan Internasional dengan fokus pada kajian Keamanan Internasional dan Ekonomi Politik Internasional yang dapat berperan meningkatkan daya saing nasional.
  3. Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada Masyarakat secara profesional dalam rangka ikut memecahkan persoalan dunia maupun nasional, terutama dalam bidang Hubungan Internasional.
  4. Mensyi`arkan dan menerapkan nilai-nilai Islam melalui pendidikan dan pengajaran.