Program Studi Hubungan Internasional Fisipol Uir Ikuti Konvensi Nasional Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) 2018 di UMRAH

Pada tanggal, 22 – 25 Oktober 2018, Program Studi Hubungan Internasional FISIPOL Universitas Islam Riau mengikuti kegiatan Konvensi Nasional (Vennas) IX Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia yang ditaja oleh Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjung Pinang dengan Tema “Membangun Kedaulatan Maritim, Memperkuat Hubungan Internasional Indonesia”. Konvensi Nasional ke IX ini merupakan bentuk partisipasi yang pertama kalinya program Studi Hubungan Internasional FISIPOL UIR dalam keanggotaan AIHII. Dalam kegiatan ini Seluruh Dosen Program Studi Hubungan Internasional Universitas Islam Riau menjadi pembicara dalam Call For Paper yang dilaksanakan dalam beberapa bentuk kajian epistemik yaitu Masyarakat Transnasional dan Isu-isu Non Tradisional, Komunitas Indonesia untuk Kajian Keamanan Internasional, Komunitas Kajian Perbatasan serta Asosiasi Studi Islam dan Hubungan Internasional.
Salah satu kegiatan akademik yang diikuti oleh sivitas akademika Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Riau adalah mengikuti pertemuan tahunan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII). Menurut Ketua program Studi Hubungan Internasional FISIPOL UIR M. Arsy Ashhiddyqi, S.IP MA bahwa kegiatan Konvensi Nasional Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) ini merupakan wadah organisasi Jurusan Ilmu Hubungan Internasional seluruh kampus di Indonesia. Kegiatan Seminar Nasional dan Call for Paper Konvensi Nasional AIHII IX ini bertujuan untuk mendaftarkan Program Studi Hubungan Internasional FISIPOL UIR dalam keanggotaan AIHII sebagai anggota peninjau.
Seminar Nasional dan Call for Paper dalam Konvensi Nasional Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) IX dihadiri oleh Keynote Speaker Pembicara dari Direktur Hukum Perjanjian Internasional Kementerian Luar Negeri RI (Bebeb A.K. Djunjungan, S.H, M. H. Serta beberapa orang pemateri: Dinna Wisnu, Ph.D., Dr. phil. Shiskha Prabawaningtyas, Ishaq Rahman, S.IP, M.Si, Ph.D (Cand), Rangga Aditya Elias, PhD, Moderator: Fadra S.Sos, MAS
Dalam kegiatan ini salah satu Dosen Prodi Hubungan Internasional FISIPOL UIR Rendi Prayuda, S.IP M.Si dipercayakan sebagai Presidium Sidang bersama dari utusan Prodi HI Universitas Sriwijaya dan Universitas Indonesia. Adapun luaran kegiatan Vennas IX AIHII ini meliputi: Kesepakatan kolektif tentang struktur dan penyelenggaraan organisasi AIHII, Kesepakatan kolektif tentang pengembangan program-program kerja organisasi, baik di bidang akademik maupun kerjasama, yang relevan, realistis dan bermanfaat luas bagi anggota-anggota AIHII – secara institusional maupun individual – serta dapat mendukung kebijakan nasional di dunia pendidikan tinggi di Tanah Air maupun kebijakan dalam hubungan luar negeri dan diplomasi Indonesia. Serta Prosiding Ilmiah yang berisikan paper-paper yang dipresentasikan dalam pertemuan akademik.(prodi-hi)