Persaingan globalisasi yang semakin ketat serta terjadinya perubahan pradigma manajemen perguruan tinggi yang menggunakan prinsip-prinsip manajemen modern menghendaki adanya peningkatan kemampuan untuk mengelola dan mengembangkan perguruan tinggi yang berorientasi pada mutu/kualitas. Bagi para pemilik dan pengelola Perguruan Tinggi, sistem manajemen mutu pada hakekatnya upaya perbaikan secara berkelanjutan untuk memperkuat dan mengembangkan mutu lulusan.

Perbaikan mutu yang berorientasi pada konsumen sangat penting demi kelangsungan universitas tersebut dalam kondisi yang dinamis. Selain itu, kebijakan mengenai strategi manajemen mutu dari suatu universitas dapat merupakan cermin bagi pihak luar terutama mahasiswa dan calon mahasiswa baik dalam negeri maupun luar negeri, bahwa mutu pendidikan merupakan prioritas utama dari universitas.

Sebagaimana diketahui bahwa penjaminan mutu pendidikan tinggi disuatu perguruan tinggi merupakan kegiatan mandiri dari perguruan tinggi yang bersangkutan. Oleh karena itu proses tersebut dirancang, dijalankan dan dikendalikan sendiri oleh masing-masing perguruan tinggi yang bersangkutan tanpa campur tangan pemerintah, dalam hal ini direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Depdiknas.

Eksistensi sebuah universitas sekarang dan lebih-lebih dimasa yang akan datang akan bergantung sejauh mana universitas tersebut mampu menyediakan tuntutan konsumen dalam persaingan yang semakin ketat. Oleh karena itu tidak dapat ditawar-tawar bahwa keberadaan lemabaga penjamin mutu di sebuah universitas merupakan sebuah keharusan.

Upaya pengelolaan mutu internal merupakan aspek penting yang menjadi prioritas utama di lingkungan Universitas Islam Riau. Untuk mencapai tujuan tersebut UIR mengambil langkah-langkah sistematis peningkatan mutu internal yang digariskan dalam arah pengembangan Universitas dan rencana strategis (Renstra) UIR.

Oleh karena itu Universitas Islam Riau perlu melaksanakan suatu manajemen mutu terpadu, termasuk di dalamnya Sistem Jaminan Mutu Pendidikan untuk menjamin agar mutu pendidikan di UIR dapat dipertahankan dan ditingkatkan sesuai dengan yang direncanakan. Untuk melaksanakan penjaminan mutu di Universitas, maka UIR telah mendirikan sebuah Lembaga Penjaminan Mutu Universitas (LPM) Universitas Islam Riau (UIR) dan UPM di tingkat Fakultas.

Menjadi Unit Penjmaninan Mutu (UPM) yang profesional dalam mengembangkan dan membumikan budaya mutu di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Riau.

  1. Mengembangkan dan melaksanakan sistem penjaminan mutu akademik yang sesuai dengan keadaan sosial-budaya di Fakultas.
  2. Menyelenggarakan training, konsultasi, pendampingan, dan kerjasama di bidang penjaminan mutu akademik.
  3. Mengembangkan sistem informasi penjaminan mutu akademik.
  4. Mengembangkan dan melaksanakan audit mutu akademik internal di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Riau
  5. Mendorong program-program studi di lingkungan Universitas untuk memperoleh sertifikasi bertaraf Nasional dan internasional.

Drs. Zulkifli, M.Si (Ketua UPM FISIPOL UIR)

Syaprianto, S.Sos., M.Si (Sekretaris UPM FISIPOL UIR)